Wednesday, June 1, 2011

Perencanaan Media Untuk Penayangan Iklan Sosis So Nice

Media yang dipilih sebagai sarana untuk mempublikasikan produk Sosis So Nice adalah televisi. Hal ini dilakukan karena televisi adalah media yang paling akrab bagi masyarakat Indonesia sehingga dibandingkan dengan media lain, media ini dapat lebih mempengaruhi pikiran masyarakat lebih dalam.

Dalam jadwal pemasangannya, pemasangan iklan lebih diprioritaskan untuk tayangan-tayangan keluarga terutama anak-anak, karena segmentasi dari produk Sozzis So Nice adalah makanan siap saji dan bergizi untuk keluarga. Acara-acara tersebut meliputi berita infotainment, serial sinetron, reality show, acara musik, serta kartun. Pemilihan waktu kami orientasikan pada malam dan pagi hari, yaitu saat dimana keluarga berkumpul bersama dan menghabiskan waktu dengan menonton televisi sehingga meskipun kami tidak mengedepankan kuantitas dalam sisi jumlah penayangan, namun kami dapat memberikan jaminan kualitas dalam sisi Awarness para konsumen yang menyaksikan.

Berdasarkan strategi kampanye dari iklan Sosis So Nice yaitu untuk meningkatkan brand image dari Sosis So Nice dan membangun kedekatan antara produk dengan masyarakat, maka kami memilih untuk menggunakan beberapa stasiun televisi besar di Indonesia seperti RCTI, SCTV, dan MNC TV dengan jadwal penayangan yang rutin setiap harinya di stasiun televisi yang berbeda-beda. Berdasarkan pertimbangan tersebut, kami merancang dan memberikan perhitungan serta jadwal penayangan iklan di tiap stasiun TV selama satu tahun, yaitu dengan penayangan di stasiun tv :
  • RCTI dengan frekuensi penayangan masing-masing dua kali pada setiap acara:
    • Silet, hari rabu pukul 15.30-16.30 
    • Putri yang ditukar, hari kamis pukul 18.30-20.15
    • Masterchef Indonesia, hari sabtu dan minggu pukul 16.30-18.30
  • SCTV pada acara :
    • Music Special "Inbox", hari senin 07.00-09.00, 3x penayangan iklan
    • SCTV Sinetron, hari selasa pukul 20.00-22.00, 2x penayangan iklan
  • MNC TV dengan frekuensi dua kali penayangan iklan pada masing-masing acara :
    • Upin & Ipin dkk, hari 15.00-15.30
    • Upin & Ipin, hari minggu 09.00-09.30
    • Upin & Ipin, hari minggu pukul 19.00-20.00

Total keseluruhan biaya pemasangan iklan Sosis So Nice di stasiun televisi RCTI, SCTV dan MNC TV selama 1 tahun
RCTI                                     Rp                     27.720.000.000,00
SCTV                                    Rp                       9.900.000.000,00
MNC TV                                Rp                      9.504.000.000,00   +
TOTAL                                  Rp                     47.124.000.000,00

Total biaya pemasangan iklan Sosis So Nice di stasiun televisi RCTI, SCTV, dan MNC TV selama 1 tahun adalah Rp 47.124.000.000,00

Perhitungan sisa dari dana yang disediakan PT. JAPFA
Dana yang disediakan          Rp                     50.000.000.000,00
Biaya pemasangan iklan tv   Rp                    47.124.000.000,00
Biaya Produksi iklan tv          Rp                         2.500.000.000,00    -
Sisa dana                              Rp                             276.000.000,00
Sisa dana yang disediakan perusahaan setelah dikurangi biaya pemasangan iklan di televisi dan biaya produksi dari iklan adalah  Rp 276.000.000,00.
 
Masih adanya sisa dana sebesar Rp. 276.000.000,00 untuk dikembalikan kepada PT. JAPFA adalah dengan pertimbangan bahwa dengan pengeluaran yang telah dianggarkan sebesar Rp. 49.624.000.000,00 yang telah mencakup biaya produksi iklan tv dan pemasangan iklan di tiga stasiun televisi swasta sudah mampu mencapai tujuan yang diharapkan dan melampaui pencapaian PT. JAPFA melalui iklan yang sebelumnya.

1 comment: